SOAL ULANGAN BAHASA INDONESIA


Soal Ulangan             : 1
Bidang Studi              : Bahasa Indonesia
Materi Pokok             : Lingkugan
KKM                          : 66

A.  Soal
PENGALAMAN WAKTU LIBURAN
Nama saya Larasati, biasanya dipanggil Laras. Saya sekarang duduk di SD kelas tiga. Yang paling saya sukai adalah membaca, berolahraga dan berpergian. Nah, waktu berpergian itulah saya mendapatkan pengalaman yang sukar saya lupakan. Saat itu, saya , ibi, ayah dan kak joko berlibur ke tempat nenek di desa.
Sesampainya di terminal bus, kami naik bus antar kota. Dalam perjalanan saya membayangkansuasana desa yang sedang kami tuju. Tak lama kemudian, di kiri kanan jalan yang kami lalui mulai terhampar sawah yang luas. Pohon besar dan kecil memagari sepanjang jalan. Capai tidak terasa karena keindahan pemandangan yang kami saksikan. Kami jadi tidak sabar ingin segera sampai di desa.
Di kutip dari : Buku belajar Membaca dan menulis
                  Bahasa Indonesia hal 3 – 4
I.     Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Apakah judul bacaan di atas?
2.      Ke mana Laras dan keluarganya pergi?
3.      Apakah yang dilihat Laras dalam perjalanan?
4.      Bagaimana perasaan Laras dalam perjalanan?
5.      Siapa saja yang ikut berlibur ke rumah nenek?

II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Malam hari di terminal ramai sekali.
Antonim dari kata ramai adalah . . . .
2.      . . . mencari tas yang hilang?
Kata tanya yang tepat untuk kalimat tanya diatas adalah . . . .
3.      Piala penghargaan yang diberikan untuk daerah atau kota terbersih dinamakan piala . . . .
4.      Kata polusi sama artinya dengan . . . .
5.      . . . Ibu membeli ikan?
Kata tanya yang tepat untuk kalimat tanya diatas adalah . . . .
6.      Anak itu kebingungan.
Kata dasar kebingungan adalah . . . .
7.      rina sedang menunggu riri
penulisan ejaan yang benar untuk kalimat di atas adalah . . . .
8.      Paman Tono datang dari Surabaya.
Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban di atas adalah . . . .
9.      di sana kami berbahasa minangkabau setiap hari
penulisan ejaan yang benar untuk kalimat diatas adalah . . . .
10.  banyak kendaraan simpang siur di . . . .
B.   Kunci Jawaban
I.         1. Pengalaman Waktu Liburan.
2.Ke tempat nenek di desa.
3.Pohon besar dan kecil di pinggir jalan/pemandangan
4. Gembira.
5. ayah, ibu, dan Kak Joko
II.   1. Sepi/Sunyi               6. Bingung
       2. Di mana                   7. Rina sedang menunggu Riri
3. Adipura                   8. Dari mana Paman Tono datang?
4. Pencemaran             9. Di sana kami berbahasa Minangkabau setiap hari.
5. Di mana                   10. Jalan Raya.
C.      Kriteria Penilaian
I.                   Jumlah benar x 10 = 5 x 10 = 50
II.                Jumlah benar x 10 = 10 x 10 = 100
Nilai = Jumlah ( I + II) x 2 : 3 = (50 +100) x 2 : 3 = 150 x 2 : 3 = 300 : 3 = 100
D.      Perbaikan dan Pengayaan
1.      Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM
2.      Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui,                                                               Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo


SURATNO,S.Pd                                                        G I T O
NIP. 19640224 198806  1 001                                   NIP. 19791008 200701 1 006

Soal Ulangan             : 2
Bidang Studi              : Bahasa Indonesia
Materi Pokok             : Peristiwa
KKM                          : 66

A.  Soal
I.         Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Polisi berhasil menangkap pencuri.
Lawan kata berhasil adalah . . . .
2.      Polisi (bubar) demonstrasi itu.
Kata dalam kurung seharusnya . . . .
3.      Saya harus rajin . . . agar naik kelas.
4.      Pejuang kita gugur sebagai Kusuma Bangsa.
Kata Kusuma Bangsa sama artinya dengan . . . .
5.      Di jalan raya sering . . . kecelakaan.
6.      . . . alamat rumahmu?
7.       . . . ayahmu pulang dari medan perang?
8.      Pamanku telah gugur sebagai Pahlawan.
Kata gugur sama artinya dengan . . . .
9.      Orang yang tidak dapat mendengar dinamakan . . . .
10.  Berakit-rakit ke hulu, . . . ke tepian.

II.      Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Senang – amir – silat – cerita – membaca
Susunlah kata-kata di atas menjadi kalimat yang benar!
2.      Adik tidur nyenyak di kamar ibu.
Uraikan pola kalimat di atas!
3.      Si Badu anak yang malas belajar.
Apa lawan kata malas?
4.      Buatlah kalimat dengan menggunakan kata berkemah!
5.      Turis itu pulang membawa cendramata.
Kata apa yang memunyai arti sama dengan kata cendramata?


B.  Kunci Jawaban
I.        1. Gagal
2. Membubarkan.
3  Belajar
4. Pahlawan
5. Terjadi
6. Dimana
7. Kapan
8. Wafat
9. Tuna rungu
10. Berenang-renang

II.   1. Amir senang membaca cerita silat  
       2. S P K
3. Rajin
4. Kami sekeluarga berkemah di kaki gunung
5. Oleh-oleh / barang kerajinan

C.      Kriteria Penilaian
I.Jumlah benar x 10 = 10 x 10 = 100
II.Jumlah benar x 10 = 5 x 20 = 100
Nilai = Jumlah ( I + II)  : 2       = (100 +100) : 2 = 200 : 2 = 100
D.      Perbaikan dan Pengayaan
3.      Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM
4.      Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui,                                                               Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo


SURATNO,S.Pd                                                        G I T O
NIP. 19640224 198806  1 001                                   NIP. 19791008 200701 1 006
Soal Ulangan             : 3
Bidang Studi              : Bahasa Indonesia
Materi Pokok             : Hiburan
KKM                          : 67

A.  Soal
GEMBIRA BERSAMA
Niat La Hasa ke kota terkabul. Ia berangkat pukul 14.00 dari kampung bersama kakak Aji. Pukul 16.00 mereka tiba di kota. Joko, Laras dan Pak Hasan menjemput diterminal. Pada malam hari La Hasa diajak menyaksikan panggung gembira dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.
Panggung gembira malam itu diisi dengan acara kesenian dan pembagian hadiah. Pengisi acaranya kebanyakan anak-anak sekolah. Laras ikut menari dan Joko membaca puisi. Acara pembagian hadiah tiba. Laras juara menari. Ia menerima piala, piagam dan buku. Joko juga menerima hadiah, ia juara pertama lomba baca puisi.
Pukul 22.15 acara usai. Joko, Laras dan La Hasa bergegas pulang. Sepanjang jalanan tak henti-hentinya La Hasa memuji Joko dan Laras. La Hasa turut bangga atas prestasi saudara sepupunya.
Di kutip dari : Buku belajar Membaca dan menulis
                  Bahasa Indonesia hal 82 – 83
I.          Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1.      Berapa jam perjalanan La Hasa dan Kakak Aji?
2.      Apa yang diperoleh Laras dan Joko?
3.      Bagaimann perasaan La Hasa terhadap keberhasilan sepupunya itu?
4.      Kapan acara malam itu berakhir?
5.      Berapa paragrafkah wacana diatas?
II.Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.    Hesti membaca buku di perpustakaan.
Kalimat diatas berpola . . . .
2.    Suku papua terdapat di irian jaya
Penggunaan huruf kapital yang tepat untuk kalimat diatas adalah . . . .
3.    Ina disenangi teman-temannya karena jujur.
Lawan kata disenangi adalah . . . .
4.    Masukkan sepedamu ke dalam garasi
Pada akhir kalimat diatas seharusnya digunakan tanda . . . .
5.    Pertunjukan hiburan itu diadakan diatas . . . .
6.    Ibu pergi ke pasar.
Kata yang sama artinya dengan pergi adalah . . . .
7.    . . . alam di sekitar Pulau Samosir sangat indah.
8.    Orang yang tidak boros di sebut . . . .
9.    Perlombaan itu dilaksanakan . . . gedung olahraga.
10.     Lawan kata jujur adalah . . . .

B.  Kunci Jawaban
I.         1. Dua jam
2.Laras juara menari, Joko juara lomba baca puisi
3. Bangga
4. Pukul 22.15
5. Tiga

II.      1. S P O K
2.Suku Papua terdapat di Irian Jaya
3. Dibenci
4. Seru (!)
5. Panggung
6. Berakal
7. Pemandangan
8. Hemat
9. di
10. bohong
C.      Kriteria Penilaian
I.Jumlah benar x 10 = 5 x 10 = 50
II.Jumlah benar x 10 = 10 x 10 = 100
Nilai = Jumlah ( I + II) x 2 : 3 = (50 +100) x 2 : 3 = 150 x 2 : 3 = 300 : 3 = 100



D.      Perbaikan dan Pengayaan
1.      Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM
2.      Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui,                                                               Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo


SURATNO,S.Pd                                                        G I T O
NIP. 19640224 198806  1 001                                   NIP. 19791008 200701 1 006

 Soal Ulangan             : 4
Bidang Studi              : Bahasa Indonesia
Materi Pokok             : Keindahan
KKM                          : 67

A.  Soal
I.         Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Banyak turis berkunjung ke . . . Borobudur.
2.      . . . kamu bersedih, San?
3.      Tampak gunung-gunung menjulang . . . .
4.      Listrik telah menyala. Kamar tidurku terang . . . .
5.      Bersatu kita teguh, bercerai kita . . . .
6.      Laras selalu menjaga sopan . . . dalam berbicara.
7.      Ruang kelas mereka . . . balau hari ini.
8.      Keindahan taman harus dijaga baik-baik.
Kata dasar keindahan adalah . . . .
9.      Kakak makan ubi.
Kalimat tersebut berpola . . . .
10.  Maaf, pak. Saya terlambat datang!
Kalimat diatas menyatakan . . . .
11.  Orang yang (baju) putih itu adalah tetanggaku.
Kata dalam kurung seharusnya . . . .
12.  Kambing itu sedang berlari.
Subyek kalimat diatas adalah . . . .
13.  Ibu memberi secarik . . . untukku.
14.  Kata dasar dari kenyamanan adalah . . . .
15.  Ayah . . . ke kantor naik bus.

B.     Kunci Jawaban
1.      Candi
2.      Mengapa
3.      Tinggi
4.      Benderang
5.      Runtuh
6.      Santun
7.      Kacau
8.      Indah
9.      S P O
10.  Permohonan maaf
11.  Berbaju
12.  Kambing
13.  Kertas
14.  Nyaman
15.  Pergi

C.      Kriteria Penilaian
Nilai = Benar x 20 : 3 = 15 x 20 : 3 = 300 : 3 = 100
D.      Perbaikan dan Pengayaan
1.      Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM

2.      Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui,                                                               Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo


SURATNO,S.Pd                                                        G I T O
NIP. 19640224 198806  1 001                                   NIP. 19791008 200701 1 006



Soal Ulangan             : 5
Bidang Studi              : Bahasa Indonesia
Materi Pokok             : Lingkungan
KKM                          : 67

A.  Soal
I.          Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Kebersihan pangkal . . . .
2.      Mimisan termasuk tanda-tanda demam berdarah
Tanda-tanda sama artinya dengan . . . .
3.      Setiap hari museum itu ramai.
Lawan kata dari ramai adalah . . . .
4.      Lukamu itu harus kamu . . . supaya lekas sembuh.
5.      Kemarin paman datang dari Medan.
Bentuk kalimat diatas adalah . . . .
6.      Aku takut bersepeda di . . . yang ramai.
7.       . . . saya duduk di kelas 3.
Kata keterangan waktu yang tepat untuk kalimat diatas adalah . . . .
8.      Tanda titik (.) digunakan pada kalimat . . . .
9.      Pukul 15 lewat 15 rapat itu berakhir.
Penulisan untuk tanda titik pada kalimat diatas yang benar adalah . . . .
10.  Uang Adi hanya tersisa seribu lima ratus rupiah.
Penulisan yang benar dengan angka adalah . . . .
  II.            Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Paman datang bersama Bibi.
Apa lawan kata datang?
2.      Anak yang panjang tangan dibenci oleh teman-temanya.
Apakah arti dari panjang tangan?
3.      Siapa pun tidak boleh menulis di tembok sekolah.
Ubahlah kalimat tersebut menjadi kalimat pasif !
4.      Walupun di beri uang, ia masih menangis.
Tulislah pemenggalan kata diberi dengan benar!
5.      Jelaskan arti peribahasa “ berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”!

B.  Kunci Jawaban
I. 1. Kesehatan                                           II. 1. Pergi
2.  Ciri-ciri                                                      2. Suka mencuri
3. Sepi/ Sunyi                                                 3. Tembok sekolah tidak boleh ditulisi siapapun
4. Obati                                                          4. Walaupun diberi uang // ia masih menangis
5. berita                                                          5. Gotong royong / bekerjasama
6. jalan
7. tahun ini/sekarang
8. berita
9. Pukul 15.15 rapat itu berakhir
10.Rp.1.500,00
C.  Kriteria Penilaian
I.                   Benar x 10 = 10 x 10 = 100
II.                Benar x 20 = 5 x 20  = 100
Nilai = Jumlah (I+II) : 2 = ( 100+100) : 2 = 200 : 2 = 100
D.Perbaikan dan Pengayaan
1.      Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM

2.      Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui,                                                               Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo

SURATNO,S.Pd                                                        G I T O
NIP. 19640224 198806  1 001                                   NIP. 19791008 200701 1 006

Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply