Soal
Ulangan : 1
Bidang
Studi : Bahasa Indonesia
Materi
Pokok : Lingkugan
KKM : 66
A. Soal
PENGALAMAN
WAKTU LIBURAN
Nama
saya Larasati, biasanya dipanggil Laras. Saya sekarang duduk di SD kelas tiga.
Yang paling saya sukai adalah membaca, berolahraga dan berpergian. Nah, waktu
berpergian itulah saya mendapatkan pengalaman yang sukar saya lupakan. Saat
itu, saya , ibi, ayah dan kak joko berlibur ke tempat nenek di desa.
Sesampainya
di terminal bus, kami naik bus antar kota. Dalam perjalanan saya membayangkansuasana
desa yang sedang kami tuju. Tak lama kemudian, di kiri kanan jalan yang kami
lalui mulai terhampar sawah yang luas. Pohon besar dan kecil memagari sepanjang
jalan. Capai tidak terasa karena keindahan pemandangan yang kami saksikan. Kami
jadi tidak sabar ingin segera sampai di desa.
Di
kutip dari : Buku belajar Membaca dan
menulis
Bahasa Indonesia hal 3 – 4
I.
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Apakah
judul bacaan di atas?
2. Ke
mana Laras dan keluarganya pergi?
3. Apakah
yang dilihat Laras dalam perjalanan?
4. Bagaimana
perasaan Laras dalam perjalanan?
5. Siapa
saja yang ikut berlibur ke rumah nenek?
II.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Malam
hari di terminal ramai sekali.
Antonim dari kata ramai adalah . . . .
2. .
. . mencari tas yang hilang?
Kata tanya yang tepat untuk kalimat
tanya diatas adalah . . . .
3. Piala
penghargaan yang diberikan untuk daerah atau kota terbersih dinamakan piala . .
. .
4. Kata
polusi sama artinya dengan . . . .
5. .
. . Ibu membeli ikan?
Kata tanya yang tepat untuk kalimat
tanya diatas adalah . . . .
6. Anak
itu kebingungan.
Kata dasar kebingungan adalah . . . .
7. rina
sedang menunggu riri
penulisan ejaan yang benar untuk kalimat
di atas adalah . . . .
8. Paman
Tono datang dari Surabaya.
Kalimat tanya yang tepat untuk jawaban
di atas adalah . . . .
9. di
sana kami berbahasa minangkabau setiap hari
penulisan ejaan yang benar untuk kalimat
diatas adalah . . . .
10. banyak
kendaraan simpang siur di . . . .
B. Kunci Jawaban
I.
1. Pengalaman Waktu Liburan.
2.Ke tempat nenek di desa.
3.Pohon besar dan kecil di pinggir
jalan/pemandangan
4. Gembira.
5. ayah, ibu, dan Kak Joko
II. 1. Sepi/Sunyi 6. Bingung
2. Di mana 7. Rina sedang menunggu Riri
3.
Adipura 8. Dari mana
Paman Tono datang?
4.
Pencemaran 9. Di sana kami berbahasa
Minangkabau setiap hari.
5.
Di mana 10. Jalan Raya.
C.
Kriteria
Penilaian
I.
Jumlah benar x 10 = 5 x 10 = 50
II.
Jumlah benar x 10 = 10 x 10 = 100
Nilai = Jumlah ( I +
II) x 2 : 3 = (50 +100) x 2 : 3 = 150 x 2
: 3 = 300 : 3 = 100
D.
Perbaikan
dan Pengayaan
1. Perbaikan
Diberikan
kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM
2. Pengayaan
Diberikan
kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo
SURATNO,S.Pd G
I T O
NIP. 19640224 198806 1 001 NIP.
19791008 200701 1 006
Soal
Ulangan : 2
Bidang
Studi : Bahasa Indonesia
Materi
Pokok : Peristiwa
KKM : 66
A. Soal
I.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Polisi
berhasil menangkap pencuri.
Lawan kata berhasil adalah . . . .
2. Polisi
(bubar) demonstrasi itu.
Kata dalam kurung seharusnya . . . .
3. Saya
harus rajin . . . agar naik kelas.
4. Pejuang
kita gugur sebagai Kusuma Bangsa.
Kata Kusuma Bangsa sama artinya dengan .
. . .
5. Di
jalan raya sering . . . kecelakaan.
6. .
. . alamat rumahmu?
7. . . . ayahmu pulang dari medan perang?
8. Pamanku
telah gugur sebagai Pahlawan.
Kata gugur sama artinya dengan . . . .
9. Orang
yang tidak dapat mendengar dinamakan . . . .
10. Berakit-rakit
ke hulu, . . . ke tepian.
II.
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Senang
– amir – silat – cerita – membaca
Susunlah kata-kata di atas menjadi
kalimat yang benar!
2. Adik
tidur nyenyak di kamar ibu.
Uraikan pola kalimat di atas!
3. Si
Badu anak yang malas belajar.
Apa lawan kata malas?
4. Buatlah
kalimat dengan menggunakan kata berkemah!
5. Turis
itu pulang membawa cendramata.
Kata apa yang memunyai arti sama dengan
kata cendramata?
B. Kunci Jawaban
I.
1. Gagal
2. Membubarkan.
3
Belajar
4. Pahlawan
5. Terjadi
6. Dimana
7. Kapan
8. Wafat
9. Tuna rungu
10. Berenang-renang
II. 1. Amir senang membaca
cerita silat
2. S P K
3.
Rajin
4.
Kami sekeluarga berkemah di kaki gunung
5.
Oleh-oleh / barang kerajinan
C.
Kriteria
Penilaian
I.Jumlah benar x 10 = 10 x 10 = 100
II.Jumlah benar x 10 = 5 x 20 = 100
Nilai
= Jumlah ( I + II) : 2 =
(100 +100) : 2 = 200 : 2 = 100
D.
Perbaikan
dan Pengayaan
3.
Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya
kurang dari KKM
4.
Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM
atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas III
Kepala
SDN 3 Selorejo
SURATNO,S.Pd G
I T O
NIP.
19640224 198806 1 001 NIP. 19791008
200701 1 006
Soal
Ulangan : 3
Bidang
Studi : Bahasa Indonesia
Materi
Pokok : Hiburan
KKM : 67
A. Soal
GEMBIRA
BERSAMA
Niat
La Hasa ke kota terkabul. Ia berangkat pukul 14.00 dari kampung bersama kakak
Aji. Pukul 16.00 mereka tiba di kota. Joko, Laras dan Pak Hasan menjemput
diterminal. Pada malam hari La Hasa diajak menyaksikan panggung gembira dalam
rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.
Panggung
gembira malam itu diisi dengan acara kesenian dan pembagian hadiah. Pengisi
acaranya kebanyakan anak-anak sekolah. Laras ikut menari dan Joko membaca
puisi. Acara pembagian hadiah tiba. Laras juara menari. Ia menerima piala,
piagam dan buku. Joko juga menerima hadiah, ia juara pertama lomba baca puisi.
Pukul
22.15 acara usai. Joko, Laras dan La Hasa bergegas pulang. Sepanjang jalanan
tak henti-hentinya La Hasa memuji Joko dan Laras. La Hasa turut bangga atas
prestasi saudara sepupunya.
Di
kutip dari : Buku belajar Membaca dan
menulis
Bahasa Indonesia hal 82 – 83
I.
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1. Berapa
jam perjalanan La Hasa dan Kakak Aji?
2. Apa
yang diperoleh Laras dan Joko?
3. Bagaimann
perasaan La Hasa terhadap keberhasilan sepupunya itu?
4. Kapan
acara malam itu berakhir?
5. Berapa
paragrafkah wacana diatas?
II.Isilah titik-titik di bawah ini
dengan jawaban yang tepat!
1. Hesti
membaca buku di perpustakaan.
Kalimat diatas berpola . . . .
2. Suku
papua terdapat di irian jaya
Penggunaan huruf kapital yang tepat
untuk kalimat diatas adalah . . . .
3. Ina
disenangi teman-temannya karena jujur.
Lawan kata disenangi adalah . . . .
4. Masukkan
sepedamu ke dalam garasi
Pada akhir kalimat diatas seharusnya
digunakan tanda . . . .
5. Pertunjukan
hiburan itu diadakan diatas . . . .
6. Ibu
pergi ke pasar.
Kata yang sama artinya dengan pergi
adalah . . . .
7. .
. . alam di sekitar Pulau Samosir sangat indah.
8. Orang
yang tidak boros di sebut . . . .
9. Perlombaan
itu dilaksanakan . . . gedung olahraga.
10. Lawan
kata jujur adalah . . . .
B. Kunci Jawaban
I.
1. Dua jam
2.Laras
juara menari, Joko juara lomba baca puisi
3.
Bangga
4.
Pukul 22.15
5.
Tiga
II.
1. S P O K
2.Suku
Papua terdapat di Irian Jaya
3.
Dibenci
4.
Seru (!)
5.
Panggung
6.
Berakal
7.
Pemandangan
8.
Hemat
9.
di
10.
bohong
C.
Kriteria
Penilaian
I.Jumlah benar x 10 = 5
x 10 = 50
II.Jumlah benar x 10 =
10 x 10 = 100
Nilai = Jumlah ( I +
II) x 2 : 3 = (50 +100) x 2 : 3 = 150 x 2
: 3 = 300 : 3 = 100
D.
Perbaikan
dan Pengayaan
1.
Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya
kurang dari KKM
2.
Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM
atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas III
Kepala
SDN 3 Selorejo
SURATNO,S.Pd G
I T O
NIP. 19640224
198806 1 001 NIP. 19791008 200701 1 006
Bidang
Studi : Bahasa Indonesia
Materi
Pokok : Keindahan
KKM : 67
A. Soal
I.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Banyak
turis berkunjung ke . . . Borobudur.
2. .
. . kamu bersedih, San?
3. Tampak
gunung-gunung menjulang . . . .
4. Listrik
telah menyala. Kamar tidurku terang . . . .
5. Bersatu
kita teguh, bercerai kita . . . .
6. Laras
selalu menjaga sopan . . . dalam berbicara.
7. Ruang
kelas mereka . . . balau hari ini.
8. Keindahan
taman harus dijaga baik-baik.
Kata dasar keindahan adalah . . . .
9. Kakak
makan ubi.
Kalimat tersebut berpola . . . .
10. Maaf,
pak. Saya terlambat datang!
Kalimat diatas menyatakan . . . .
11. Orang
yang (baju) putih itu adalah tetanggaku.
Kata dalam kurung seharusnya . . . .
12. Kambing
itu sedang berlari.
Subyek kalimat diatas adalah . . . .
13. Ibu
memberi secarik . . . untukku.
14. Kata
dasar dari kenyamanan adalah . . . .
15. Ayah
. . . ke kantor naik bus.
B. Kunci Jawaban
1. Candi
2. Mengapa
3. Tinggi
4. Benderang
5. Runtuh
6. Santun
7. Kacau
8. Indah
9. S
P O
10. Permohonan
maaf
11. Berbaju
12. Kambing
13. Kertas
14. Nyaman
15. Pergi
C.
Kriteria
Penilaian
Nilai = Benar x 20 : 3
= 15 x 20 : 3 = 300 : 3 = 100
D.
Perbaikan
dan Pengayaan
1.
Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya
kurang dari KKM
2.
Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM
atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas III
Kepala
SDN 3 Selorejo
SURATNO,S.Pd G
I T O
NIP. 19640224
198806 1 001 NIP. 19791008 200701 1 006
Soal
Ulangan : 5
Bidang
Studi : Bahasa Indonesia
Materi
Pokok : Lingkungan
KKM : 67
A. Soal
I.
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Kebersihan
pangkal . . . .
2. Mimisan
termasuk tanda-tanda demam berdarah
Tanda-tanda sama artinya dengan . . . .
3. Setiap
hari museum itu ramai.
Lawan kata dari ramai adalah . . . .
4. Lukamu
itu harus kamu . . . supaya lekas sembuh.
5. Kemarin
paman datang dari Medan.
Bentuk kalimat diatas adalah . . . .
6. Aku
takut bersepeda di . . . yang ramai.
7. . . . saya duduk di kelas 3.
Kata keterangan waktu yang tepat untuk
kalimat diatas adalah . . . .
8. Tanda
titik (.) digunakan pada kalimat . . . .
9. Pukul
15 lewat 15 rapat itu berakhir.
Penulisan untuk tanda titik pada kalimat
diatas yang benar adalah . . . .
10. Uang
Adi hanya tersisa seribu lima ratus rupiah.
Penulisan yang benar dengan angka adalah
. . . .
II.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Paman
datang bersama Bibi.
Apa lawan kata datang?
2. Anak
yang panjang tangan dibenci oleh teman-temanya.
Apakah arti dari panjang tangan?
3. Siapa
pun tidak boleh menulis di tembok sekolah.
Ubahlah kalimat tersebut menjadi kalimat
pasif !
4. Walupun
di beri uang, ia masih menangis.
Tulislah pemenggalan kata diberi dengan
benar!
5. Jelaskan
arti peribahasa “ berat sama dipikul, ringan sama dijinjing”!
B. Kunci Jawaban
I.
1.
Kesehatan II. 1. Pergi
2. Ciri-ciri 2. Suka mencuri
3. Sepi/ Sunyi 3. Tembok sekolah tidak boleh ditulisi
siapapun
4. Obati 4. Walaupun diberi uang // ia masih
menangis
5. berita 5. Gotong royong / bekerjasama
6. jalan
7. tahun ini/sekarang
8. berita
9. Pukul 15.15 rapat
itu berakhir
10.Rp.1.500,00
C. Kriteria Penilaian
I.
Benar x 10 = 10 x 10 = 100
II.
Benar x 20 = 5 x 20 = 100
Nilai = Jumlah (I+II) : 2 = ( 100+100) :
2 = 200 : 2 = 100
D.Perbaikan dan
Pengayaan
1.
Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya
kurang dari KKM
2.
Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM
atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas III
Kepala SDN 3
Selorejo
SURATNO,S.Pd G
I T O
NIP. 19640224
198806 1 001 NIP. 19791008 200701 1 006
0 komentar