SOAL ULANGAN MATEMATIKA


Soal Ulangan             : 1
Bidang Studi              : Matematika
Materi Pokok             : Garis bilangan, Tanda Ketidaksamaan
KKM                          : 66

A.      Soal
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      1,5,9,13,...,...,....
2.      990 ... 909
3.      Pak Hadi mempunyai 424 ekor Ayam. Pak Anwar mempunyai 274 ekor Ayam kampung dan 152 ekor ayam broiler. Ayam Pak Hadi .... dari ayam Pak Anwar.
4.      100, 102, 104, ..., ...., .....
5.      9 x 4 : 6 ... 9
6.      35 : & ... 5
7.      Bilangan genap antara 12 dan 19 adalah : ...., ....., .....,
8.      0, 4, 8, 12, ...., ...., ......
9.      185 + 81 : 9 .... 64 : 8 + 210
10.  Tono memiliki kelereng 20 butir. Kelereng Andi 15 butir, kemudian diberi ayah 8 butir. Kelereng Tono .... dari kelereng Andi.
11.  Nilai tempat angka 2 paada bilangan 2001 adalah ....
12.  Delapan ribu tiga puluh dua ditulis dalam bentuk lambang bilangan adalah ....
13.  625, 635, 645, ..., ..., .....
14.  Pak Sarwono memiliki dua toko besi. Toko besi paertama setiap bulan mampu menjual 110 sak semen. Toko besi kedua mampu menjual 97 sak semen. Toko besi manakah yang menjual semen lebih sedikit ?
15.  Budi memetik 10 buah Jambu, kemudian memetik lagi 8 buah Jambu. Karyo memiliki 17 buah Jambu. Siapakah yang lebih banyak memetik Jambu?

B.       Kunci Jawaban
1.      17,21, 25
2.      > 
3.      Lebih sedikit
4.      106, 108, 110
5.      < 
6.      =
7.      14, 16, 18
8.      16, 20, 24
9.      < 
10.  Lebih sedikit
11.  8.032
12.  Ribuan
13.  655, 665, 675
14.  Toko besi kedua
15.  Budi

C.      Kriteria Penilaian
Jumlah nilai benar dikali 20 dibagi 3
(15 x 20 ) : 3 = 300 : 3 = 100
D.      Perbaikan dan Pengayaan
1.      Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM

2.      Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih

Selorejo, 8 Juli 2011

Mengetahui,                                                               Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo


SURATNO,S.Pd                                                        G I T O
NIP. 19640224 198806  1 001                                   NIP. 19791008 200701 1 006



Soal Ulangan             : 2
Bidang Studi              : Matematika
Materi Pokok             : Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan cacah
KKM                          : 65

A.      Soal
I.         Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      2 3 8
7 4 1 +
  . . . . .
2.      216 + 383 + 25 = ....
3.      935 – 876 = ....
4.      728 – 158 + 282 = ....
5.      907 + 887 + 789 = ....
6.      5 7 6
4 3 7 –
. . . .
7.      4.090 – 547 + 827 = ....
8.      754 - ... = ....
9.      345 +132 = . . . .
10.  842 – 531 = . . . .
II.      Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.         Jumlaak itik Pak Asep 665 ekor, kemudian terjual 113. Berapakah jumlah itik Pak Asep sekarang?
2.         Sebuah toko memiliki persediaan terigu 950 Kg, gula pasir 385 Kg dan telur 845 Kg. Kemudian telur terjual 706 Kg dan terigu terjual 775 Kg. Berapa Kg sisa barang seluruhnya di toko tersebut?
3.         Seorang pendaki mempunyai tali 2.496 m. Tali tersebut telah digunakan sepanjang 1.537 m. Berapa panjang sisa tali pendaki tersebut?
4.         Seorag peternak ayam memiliki 2.086 ayam petelur dan 2.697 ayam pedaging. Sebanyak 1.999 ayam pedaging diotong dan dijual. Berapa jumlah ayam yang tersisa sekarang?
5.         Ayah membawa 4.785 buah genting. Dalam perjalanan menuju rumah, sebanyak 599 genting pecah dan 687 genting jatuh. Berapa buah sisa genting yang utuh?
B.       Kunci Jawaban
I.                                       II.
1. 979                               1. 552
2. 624                               2. 749
3. 59                                 3. 959
4. 852                               4. 2.784
5. 2.583                            5. 3.499
6. 139
7. 4.370
8. 90
9. 477
10. 311
C.      Kriteri Penilaian
I.          Jumlah benar x 10 = 10 x 10 = 100
II.       Jumlah benar x 20 =  5 x 20  = 100
Jumlah (I + II) : 2  = (100+100) : 2 = 200 : 2 = 100
D.      Perbaikan dan Pengayaan
1.      Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM

2.      Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih

Selorejo, 8 Juli 2011

Mengetahui,                                                               Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo


SURATNO,S.Pd                                                        G I T O
NIP. 19640224 198806  1 001                                   NIP. 19791008 200701 1 006

Soal Ulangan             : 3
Bidang Studi              : Matematika
Materi Pokok             : Perkalian dan Pembagian serta Operasi Hitung Campuran
KKM                          : 63

A.      Soal
I.         Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      . . . . x 9 = 27
2.      7 x 6 = . . . x 7 = ....
3.      (72 : 9) + (6 x 7) – 15 = . . . .
4.      8 x 30 = . . . .
5.      5 x 40 = 200; 200 : 5 = 40; 200 : 40 = . . . .
6.      810 : 90 = . . . .
7.      76 – 30 + (5 x 80) – 25 = . . . .
8.      720 : 80 + 3.385 = . . . .
9.      216 : 6 = . . . .
10.  3 3
2 0  x
. . . .
II.Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
11.  Enam ekor ayam betina masing-masing mengerami 5 butir telur. Yang tidak menetas 7 butir. Berapa butir telur yang menetas?
12.  Seoarang petani menjemur gabah seberat .960 Kg. Setelah kering susut 360 Kg. Gabah kering tersebut dimasukkan ke dalam beberapa karung. Berapa karung yang dibutuhkan jika 1 karung memuat 90 Kg?
13.  Seorang pedagang buah-buahan memiliki persediaan 10 keranjang apel, 15 keranjang jeruk dan 15 keranjang alpukat. Setiap keranjang terdapat 100 buah. Berapa buah persediaan pedagang tersebut?
14.  Ibu guru memilik 60 buku tulis yang dibagikan kepada 10 siswa. Berapa buku tulis yang diterima setiap murid?
15.  Di warung Sudi ada 6 kotak telur, tiap kotak berisi 80 telur, kemudian telurnya dijual 123 butir. Berapa butir jumlah telur yag ada sekarang?

B.       Kunci Jawaban
I.                                              II.
1. 3                                                11. 6 x 5 – 7 = 30 – 7 = 23 butir telur
2. 6 ; 42                                           12. (3.960 Kg – 360 Kg) : 90 Kg = 3.600 Kg : 90 Kg = 40Kg
3. 35                                              13. (10 x 100) + (15 x 100) + (15 x 100)
4. 240                                                 1.000 + 1.5000 + 1.500 = 4.000 buah
5. 5                                                14. 60 : 10 = 6 buku tulis
6. 9                                                15. 6 x 80 – 123 = 480 – 123 = 357 butir telur
7. 421
8. 3.394
9. 36
10. 660
C.      Kriteri Penilaian
I. Jumlah benar x 10 = 10 x 10 = 100
II.Jumlah benar x 20 =  5 x 20  = 100
Jumlah (I + II) : 2  = (100+100) : 2 = 200 : 2 = 100
D.      Perbaikan dan Pengayaan
1.      Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM
2.      Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui,                                                               Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo

SURATNO,S.Pd                                                        G I T O
NIP. 19640224 198806  1 001                                   NIP. 19791008 200701 1 006
Soal Ulangan             : 4
Bidang Studi              : Matematika
Materi Pokok             : Perhitungan Uang
KKM                          : 63

A.      Soal
I.         Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      3 lembar Rp. 1.000,00 + 8 keping Rp. 500,00 = . . . .
2.      Rp. 10.000,00 bisa ditukar dengan  . . . lembar Rp. 5.000,00.
3.      Dua lembar Rp. 5.000,00 sama dengan . . . keping Rp. 500,00.
4.      Harga 1 buah buku Rp. 1.500,00. Iwan membeli 3 buah buku. Uang yang diberikan Iwan Rp. 5.000,00, maka uang kembalian yang diterima adalah . . . .
5.      Empat keping Rp. 500,00 sama dengan . . . lembar Rp. 1.000,00.
6.      Rp. 7.500,00 = . . . lembar Rp. 5.000,00 + . . . keping Rp. 500,00.
7.      Tiga keping Rp.500,00 + 4 lembar Rp. 1.000,00 + 8 keping Rp. 100,00 sama dengan . . . .
8.      Ayah membeli 2 Kg rambutan. Harga 1 Kg rambutan Rp. 4.500,00. Ayah menyerahkan uang Rp. 10.000,00, ayah mendapat kembalian Rp. . . . .
9.      Rp. 5.000,00 = . . . keping rp. 100,00.
10.  Empat lembar Rp.500,00 sama dengan . . . keping Rp. 100,00.

II.      Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
11.  Amir diberi uang oleh ayah Rp. 6.000,00. Sebagian uang amir hilang. Ternyata ada sisa Rp. 2.500,00. Berapa jumlah uang Amir yang hilang?
12.  Harga sebuah spidol Rp. 700,00. Jika Ani membeli 1 lusin. Berapakah yang harus dibayar Ani?
13.  Dalam dompet ibu terdapat 4 lembar uang lima ribuan, 7 lembar ribuan dan 1 keping uang lima ratusan. Berapa uang ibu dalam dompet seluruhnya/
14.  Andi mempunyai uang Rp. 2.100,00. Kemudian diberi uang oleh ayah Rp.500,00 dan oleh paman Rp.1.500,00. Berapa uang andi sekarang?
15.  Ria mempunyai uang sebesar Rp. 6.500,00 kemudian diberi lagi uang oleh ayah sebesar Rp. 3.500,00. Berapakah uang Ria sekarang?


B.     Kunci Jawaban
I.                                              II.
1. Rp.7.000,00                            11. Rp. 6.000,00 – Rp. 2.500,00 = Rp. 3.500,00
2. 2 lembar                                  12.  Rp. 700,00 x 12 = Rp. 8.400,00
3. 10                                            13. (4 x Rp.5.000,00) + ( 7 x Rp.1.000,00) + (1 x Rp.500,00)
4. Rp.500,00                                    Rp.20.000,00 + Rp.7.000,00 + Rp.500,00 = Rp.27.500,00
5. 2                                                14. Rp.2.100,00 + Rp. 500,00 + Rp.1.500,00 = Rp.4.100,00
6. 1 ; 5                                           15. Rp. 6.500,00 + Rp. 3.500,00 = Rp. 10.000,00
7. Rp.6.300,00
8. Rp.1.000,00
9. 50
10. 20
C.      Kriteri Penilaian
I. Jumlah benar x 10 = 10 x 10 = 100
II.Jumlah benar x 20 =  5 x 20  = 100
Jumlah (I + II) : 2  = (100+100) : 2 = 200 : 2 = 100
D.      Perbaikan dan Pengayaan
1.      Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM
2.      Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui,                                                               Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo


SURATNO,S.Pd                                                        G I T O
NIP. 19640224 198806  1 001                                   NIP. 19791008 200701 1 006
Soal Ulangan             : 5
Bidang Studi              : Matematika
Materi Pokok             : Alat Ukur, Pengukuran dan Satuannya
KKM                          : 63

A.  Soal
I.     Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.    Ani ingin mengukur berat kue yang dibelinya, maka ia menggunakan . . . .
2.    Aldi megukur panjang meja menggunakan . . . .
3.    Rio menghitung waktu belajarnya menggunakan . . . .
4.    Meter (m), Sentimeter ( Cm), Kilo meter (Km) adalah skala yang biasa digunakan untuk mengukur . . . .
5.    Kilogram (Kg), Gram (g), Ons atau ton adalah skala yang biasa digunakan untuk mengukur . . . .
6.    3 bulan = . . . Minggu
7.    2 tahun = . . . bulan
8.    1 m = . . .  Cm
9.    100 dm =  . . . m
10.     10 m + 135 dm =  . . . Cm

II.Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang benar!
11.  Seorang ilmuwan berada di lautan 1 tahun lebih 3 bulan. Berapa harikah ilmuwan tersebut berada di laut?
12.  Jarak rumah adi ke sekolah adalah 425 meter. Berapa dm – kah itu?
13.  Panjang pagar depan sekolah 420 dm dan pagar belakang 650 dm. Berapa meter panjang pagar sekolah seluruhnya?
14.  Berapa harikah 1 tahun 5 bulan 3 minggu 20 hari?
15.  Sekarang pukul 09.00. Pukul berapakah 3 setengah jam yang lalu?





B.     Kunci Jawaban
I.                                              II.
1. timbangan kue                         11. 365 hari + ( 3 x 30 hari) = 365 hari + 90 hari = 455 hari
2. mistar/meteran                        12.  425 m = 4.250 dm
3.Jam                                           13. 420 dm + 650 dm = 1.070 dm = 107 m
4. panjang                                            42 m + 65 m = 107 m
5.Berat                                          14.  1 tahun + 5 bulan + 3 minggu + 20 hari = . . . . hari      6. 12                                           365 hari + 150 hari + 21 hari + 20 hari =  556 hari                                                                                        7. 24                                              15. 05.30
8. 100
9. 10
10. 2.350
C.      Kriteri Penilaian
I. Jumlah benar x 10 = 10 x 10 = 100
II.Jumlah benar x 20 =  5 x 20  = 100
Jumlah (I + II) : 2  = (100+100) : 2 = 200 : 2 = 100
D.      Perbaikan dan Pengayaan
1.      Perbaikan
Diberikan kepada siswa yang nilainya kurang dari KKM
2.      Pengayaan
Diberikan kepada siswa yang mencapai KKM atau lebih
Selorejo, 8 Juli 2011
Mengetahui,                                                               Guru Kelas III
Kepala SDN 3 Selorejo

SURATNO,S.Pd                                                        G I T O
NIP. 19640224 198806  1 001                                   NIP. 19791008 200701 1 006
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply