MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK




MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK
MELALUI MONITORING ACADEMI SKILL
DENGAN PENDEKATAN METODE BERNYANYI  

Ketika manusia masih menghirup nafas tentu masalah hidup akan tetap ada. Terutama tentang pendidikan, karena pendidikan merupakan sudah menjadi kebutuhan pokok manusia pada era sekarang. Orang yang kurang memiliki pendidikan atau keterampilan hidup akan tertinggal dalam perkembangannya. Namun, juga tidak sedikit dari masyarakat kita yang mengenyam pendidikan nasibnya kurang begitu beruntung dalam tarap perekonomianya. Mengapa demikian ? tentu ini menjadi tanda tanya bagi kita semua. Siapa yang salah ? guru,orang tua, murid ataukah lingkungan atau nasib yang salah. Dalam hal ini, tidak ada yang dipersalahkan sehingga saling tuding antar yang satu dengan yang lainnya. Akan tetapi bagaiman memperbaiki adalah menjadi tanggung jawab kita semua.
Ketika kita menengok permasalahan diatas, tentu akan kita tengok pula beberapa masalah pendidikan yang ada di satuan pendidikan kita masing-masing. Setiap Insan pasti menginginkan suatu hal yang terbaik bagi dirinya, keluarga dan atau kerabatnya. Seorang guru pasti menginginkan anak didiknya bisa mencapai prestasi setinggi mungkin. Karena kebanggannya hanyalah jika muridnya berhasil. Begitu pula dalam mengajar, selalu berpikir bagaimana menyampaikan suatu pelajaran mudah dipahami anak tanpa ada beban pikir tetapi pandai. Bagaimana ? Apa mungkin ?
Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin di dunia ini jika kita mau mencoba / melakukannya. Yang kita lakukan hanyalah Kreatif dan Inovatif serta tulus dalam melakukan hal tersebut. Dalam permasalahan ini ada metode pengajaran sebagai sarana peningkatan mutu belajar anak yaitu Monitoring Academis Skill( MAS).

A.       Pengertian MAS
Mas atau Monitoring Academis Skill adalah suatu sarana pembelajaran yang disusun guna memantau keterampilan anak dalam menguasai mata pelajaran. MAS bisa digunakan oleh guru, orang tua ataupun anak dengan teman sebayanya untuk mengetahui sejauhmana mereka (siswa) menguasai pelajaran yang disampaikan oleh guru.

B.        Manfaat MAS
Mas atau Monitoring Academis Skill sangat bermanfaat sekali bagi siswa, terutama jika diterapkan dari kelas awal / kelas rendah. Karena pada masa ini anak masih mempunyai daya ingat yang cukup kuat sehingga dapat bertahan lama. Apa lagi jika dikemas sesuai dengan kondisi perkembangan siswa dan dalam bentuk yang menarik. Dengan MAS mental dan semangat anak dalam belajar akan terbentuk,  karena siswa akan haus terhadap materi yang disampikan. Selain itu, orang tua pun bisa juga memantaui belajar anak atau membantu belajar anak dengan mudah walaupun mereka berpendidikan rendah. Dengan kata lain, MAS dapat meningkatkan daya ingat anak terhadap pelajaran.

C.       Bentuk MAS
Bentuk MAS tidak begitu rumit karena MAS digunakan sebagai sarana hafalan anak, untuk meningkatkan daya ingatnya terhadap pelajaran. Dengan MAS anak sudah mengetahui bentuk-bentuk dasar materi pelajaran sesuai perkembangan jiwanya. Sehinga dengan bantuan guru atau orang tua siswa tinggal mengembangkan materi tersebut. Selain itu siswa tidak harus memikir terlalu berat dalam memahami isi pelajaran. Jika seorang siswa sudah bisa baca, mereka tinggal mengembangkan materi tersebut dengan sendiri. Akan tetapi jika siswa belum bisa membaca dan menulis bisa sekalian digunakan sarana belajar membaca dan menulis, terutama ini sering terjadi di kelas rendah pada sekolah dasar. Mengapa demikan ? Karena MAS merupakan suatu bentuk hafalan materi pelajaran yang disusun sedemikian rupa oleh seorang guru guna memudahkan anak menerima pelajaran. Materi pelajaran hanya diambil kerangka dasarnya dan dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami anak.
Walaupun MAS teknik pelaksananaannya hampir menyerupai metode Drill, akan tetapi bentuk dan rangkainnya akan berbeda. Tenik drill ialah suatu teknik yang dapat diartikan sebagai suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari. Latihan yang bersifat praktis dan  mudah dilakukan.(Roestiyah : 2001) . Dengan kata lain, MAS merupakan bentuk hafalan yang digunakan untuk kegiatan latihan siswa supaya mudah mengingat pelajaran, disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti serta bersifat praktis (mudah dibawa kemana-mana), efektif, efesien, dan mudah dipahami.

D.       Kekuatan Pembelajaran MAS
Mas akan mempunyai kekuatan bagi diri siswa, karena :
1.         Pengalaman dan kegiatan belajar yang relevan dibuat dengan tingkat perkembangan dan kebutuhan anak.
2.         Menyenangkan karena bertolak dari minat dan kebutuhan anak.
3.         Hasil belajar akan bertahan lebih lama karena lebih berkesan dan bermakna.
4.         Mengembangkan keterampilan berpikir anak sesuai dengan permasalahan yang dihadapi,

E.       Langkah – langkah Membuat  MAS
Dalam membuat  MAS tidaklah begitu rumit, hanya perlu kretif dan inovatif. Cara membuat MAS antara lain adalah sebagai berikut :
1.         Mempelajari Kurikulum
2.         Memahami Silabus
3.         Menentukan SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal)
4.         Membuat ringkasan materi dengan menggunakan kata-kata yang pendek dan mudah dipahami.
5.         Ringkasan yang dibuat diambil dari materi – materi yang pokok / kerangka dasarnya saja.
6.         Menyusun ringkasan tersebut kedalam tabel Monitoring Academis Skill target qualitas hafal dan lancar.
7.         Jika tidak dimasukkan kedalam tabel dapat dikemas dalam bentuk lagu atau permaianan yang menyanangkan.








F.       Model  MAS
1.   Model  MAS Bentuk Tabel
MONITORING ACADEMIS SKILL of IPA
SD N III SELOREJO KELAS 3
Target Qualitas Hafal dan Lancar
Target hafalan
Hafal
Paraf Guru
Hafal
Paraf Orang Tua
Gerak benda


1.Jatuh


2.Berputar


3.Memantul


4.Mengalir


5.Menggelinding





Target hafalan
Hafal
Paraf Guru
Hafal
Paraf Orang Tua
Hal mempengaruhi gerak benda


1.Berat benda


2.Bentuk benda


3.Ukuran  benda


4.Permukaan lintasan benda









MONITORING ACADEMIS SKILL of IPS
SD N III SELOREJO KELAS 3
Target Qualitas Hafal dan Lancar
Target hafalan
Hafal
Paraf Guru
Hafal
Paraf Orang Tua
Syarat semangat kerja


1.    Mencintai Pekerjaan


2.    Tangggung jawab


3.    Disiplin


4.    Jujur


5.    Kreatif





Target hafalan
Hafal
Paraf Guru
Hafal
Paraf Orang Tua
Ciri-ciri orang yang semangat kerja


1.   Mempunyai watak kerja yang keras


2.   Jiwa disiplinnya tinggi


3.   Jujur


4.   Cita-citanya tinggi


5.   Percaya diri sendiri


6.   Pantang menyerah


7.   Pandangannya jauh ke depan





Keterangan : Tanda tangan bisa diberikan oleh Guru atau Orang Tua setelah anak hafal





2.   Model MAS Bentuk Lagu

MONITORING ACADEMIS SKILL of IPA
SD N III SELOREJO KELAS 3
Target Qualitas Hafal dan Lancar

GERAK BENDA        ( Balonku ada 5 )
                       
Gerak benda ada lima
Jatuh, memantul, mengalir
Berputar dan menggelinding
Itulah gerak benda


YANG MEMPENGARUHI GERAK BENDA        (Gundul-gundul Pacul)
Hal-hal yang mempengaruhi
Gerak benda 2 X
Gerak benda di pengaruhi empat macam
Berat – berat benda da, Ukurannya juga
Bentuk-bentuk benda da, Permukaan juga
Permukaan lintasan kelengkapannya 2 X










MONITORING ACADEMIS SKILL of IPS
SD N III SELOREJO KELAS 3
Target Qualitas Hafal dan Lancar

SYARAT SEMANGAT KERJA      (Suwe ora jamu)
Syarat semangat kerja
Mencintai pekerjaan
Juga tanggung jawab
Disiplin,jujur, dan kreatif


CIRI-CIRI ORANG YANG MEMPUNYAI SEMANGAT KERJA    (Pada hari Minggu..)



Ciri-ciri orang yang mempunyai semangat kerja
Mempunyai watak kerja yang keras orangnya
Orangnya jujur dan jiwa disiplinnya tinggi
Sifat percaya diri dan cita-citanya tinggi
Sifatnya slalu pantang menyarah
Mempunyai pandangan yang jauh kedepan


Keterangan : Lagu - lagu bisa diberikan bersama – sama saat pelajaran untuk memudahkan siswa mengingat materi.



Daftar Pustaka
1.         Gito, 2010. Makalah, “Strategi Pembelajaran Tematik Pada Kelas Awal Di Sekolah Dasar”, Girimarto
2.         Roestiyah.N.K.Drs, 2001,”Strategi Belajar Mengajar”,Jakarta : Rineka Cipta
3.         www.ideguru.com
















MONITORING ACADEMIS SKILL (MAS)
SARANA PENINGKATAN DAYA INGAT ANAK 



Disusun Oleh :

G I T O
NIP. 19791008 200701 1 006

SEKOLAH DASAR NEGERI III SELOREJO
UPT DINAS PENDIDIKAN KECAMATAN GIRIMARTO
2012
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply