RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
                    Sekolah                       : SD N III Selorajo
                    Tema                           : Permainan
                    Kelas/Semester            : III/1
Tahun Pelajaran           : 2010/2011
Alokasi Waktu            : 5 x 35 Menit

                               I.            STANDAR KOMPETENSI
1.      Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan   ( B.Ind )
2.      Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran ( B. Ind )
3.      Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng ( B. Ind )
1.      Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjadsama di sekitar ru,ah dan sekolah    ( IPS )
1.      Memahami cirri-ciri dan kebutuhan Makhluk Hidup serta hal-hal yang mempengaruuhi perubahan pada Makhluk Hidup ( IPA )

                            II.            KOMPETENSI DASAR
1.      B. Indonesia
1.1. Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.2. Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
2.      IPS
1.3. Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
3.      IPA
1.2. Menggolongkan Makhluk Hidup secara sederhana

                         III.            INDIKATOR
1.      B. Indonesia
·      Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·      Mencatat petunjuk tentang permainan
·      Melakukan permainan berdasarkan petunjuk yang di dengar


2.      IPS
·      Membuat arah mata angin
·      Membuat denah sekolah
3.      IPA
·      Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan
·      Menggolongkan tumbuhan berdasarkan warna bunganya

                         IV.            TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui Tanya jawab, demonstrasi, bermain peran, penjelasan guru, setelah pembelajaran selesai peserta didik dapat :
1.      B. Indonesia
·           Mendengarkan petunjuk melakukan permainan
·           Mencatat petunjuk tentang permainan
·           Melakukan permainan berdasrkan petunjuk yang didengar
2.      IPS
·           Membuat arah mata angin
·           Membuat denah sekolah
3.      IPA
·           Menyebutkan bagian – bagian tumbuhan
·           Menggolongkan tumbuhan berdasrkan warna bunganya

                            V.            MATERI PEMBELAJARAN
1.      B. Indonesia
·           Menceritakn petunjuk cara bermain petak umpet
2.      IPS
·           Menerangkan arah mata angin
3.      IPA
·           Menerangkan bagian-bagian tumbuhan
·           Menerangkan penggolongan tumbuhuan berdasarkan warna bunganya





                         VI.            METODE DAN PEMBELAJARAN
1.      Metode                      : Tanya jawab, Inquiri, Tugas, Demonstrasi, Ceramah
2.      Model Pembelajaran : CTL ( Contektual Teaching and Learning )

                      VII.            LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Jenis / Macam Kegiatan
Media / Sumber
Metode
Waktu
1.
Pendahuluan
Mengkondisikan kelas
Menyanyikan lagu (Lihat Kebunku)
Apersepsi : Menyampaikan tujuuan    pembelajaran
Buku Absensi
Papan Tulis
Ceramah,
Tanya Jawab,
tugas
10”
2.
Kegiatan Inti
a)      Exsplorasi
Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang cara bermain petak umpet (B.Ind)
Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang arah mata angin (IPS)
Peserta didik menjawab pertanyaan tentang bagian-bagian tumbuhan (IPA)

b)      Elaborasi
B. Indonesia
Peserta didik di fasilitasi guru dalam mendengarkan petunjuk melakukan permainan dengan teks cara bermain petak umpet.
Guru memilih tiga peserta didik ke depan kelas mempraktekkan bermain petak umpet, peserta didik yang lain mengamati sambil membuat catatan tentang cara bermain petak umpet.

IPS
Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu “ arah mata angin “ dan mempraktekkan gerakannya








IPA
Guru mengajak peserta didik ke kebun sekolah mengamati berbagai tumbuhan dengan mengamati bagian-bagian tumbuhan.

Peserta didik difasilitasi guru dalam menggolongkan tumbuhan berdasarkan warna bunganya dengan mengamati beberapa tumbuhan di kebun sekolah dan berbagai gambar bunga yang disediakan oleh guru.

c)      Konfirmasi
Guru memberi sanjungan/penghargaan kepada peserta didik yang berhasil baik, dan memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang berhasil dalam mengerjakan tugas guru





Teks bacaan cara bermain petak umpet,
Kaleng, kerikil
Gambar arah mata angin
Tumbuhan berbunga
Gambar-gambar bunga

Buku Bina Bhs.Ind, Erlangga hal : 70
Buku IPS (BSE) hal : 24
Buku IPA (BSE) hal : 20

Tanya jawab
Pemberian tugas
Inquiri
Demonstrasi
135”
3.
Kegiatan Penutup
Ø  Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
Ø  Penilaian
Ø  Refleksi : Tanya jawab materi yang telah dibeikan
Ø  Guru mengadakan pengayaan dan remedial
Lembar Soal
Penugasan
Tanya jawab
30”

                   VIII.            MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
a.         Media
·      Teks bermain petak umpet
·      Kaleng
·      Kerikil
·      Gambar arah mata angin
·      Tumbuhan berbunga
·      Gambar tumbuhan berbunga
·      Gambar-gambar bunga

b.        Sumber Belajar
·      Buku Tematik Erlangga kelas 3
·      Buku Bina Bahasa Indonesia, Erlangga hal. 70
·      Buku IPS (BSE) hal. 24
·      Buku IPA (BSE) hal. 20
·      Kebun sekolah

                         IX.            PENILAIAN
a.       Prosedur    : tes awal, proses, tes akhir
b.      Jenis tes     : tertulis, lesan, perbuatan
c.       Bentuk tes : Obyektif, Subyektif
d.      Alat tes      :
Soal :
Untuk soal no.1 sampai dengan no.4.
Bacalah teks petunjuk bermain petak umpet berikut !
Cara bermain :
1.      Jumlah pemain petak umpet 3 orang saja. Akan tetapi, semakin banyak pemain maka semakin ramai.
2.      Alat yang digunakan adalah kaleng dan kerikil.
3.      Arena barmain berupa lingkaran.
4.      Setelah hom pi pa dan suten, pemain yang kalah harus jaga.
5.      Isi kaleng ditumpahkan oleh salah satu pemain yang akan bersembunyi.
6.      Setelah selesai memasukkan kerikil ke dalam kaleng, pemain lari bersembunyi.
7.      Jika penjaga melihat salah seorang pemain maka akan menyebutkan nama tersebut.
8.      Selanjutnya, mereka berdua akan berlomba lari untuk mengguncangkan kaleng.
9.      Jika penjaga kalah cepat maka ia akan jaga lagi. Sebaliknya, jika pemain kalah cepat, ia akan mendapat giliran untuk jaga.

(Kesenian Jakarta Jilid 1, Erlangga)






Kerjakan pertanyaan dibawah dengan tepat !
1.      Jumlah pemain petak umpet ada…orang.
2.      Arena bermain petak umpet berupa….
3.      Alat yang digunakan dalam permaianan petak umpet adalah….
4.      Jika penjaga melihat salah seorang pemain maka….
5.      Dalam mata angina arah Utara selalu berada diposisi….
6.      Antara arah Barat dan Selatan adalah arah….
7.      Matahari terbenam disebelah….
8.      Tumbuhan digolongkan berdasarkan bentuk daun, bentuk batang, dan…
9.      Bunga Matahari berwarna….
10.  Bunga Melati berwarna….

Kunci Jawaban
1.      3
2.      Lingkaran
3.      Kaleng dan Kerikil
4.      Menyebut nama pemain
5.      Atas
6.      Barat Daya
7.      Barat
8.      Warna bunga
9.      Kuning
10.  Putih

Kriteria Penilaian : Jawaban benar x 10 = 10 x 10 = 100
        Selorejo, 20 November 2010
              Mengetahui                                                                        
    Kepala SD N III Selorejo                                             Guru Kelas III


         SURATNO,S.Pd                                                           G I T O
NIP.19640224 198806 1 001                                   NIP.19791008 200701 1 006



LEMBAR PENGAMATAN

Tema                          : Permaianan
Tags:

About author

Curabitur at est vel odio aliquam fermentum in vel tortor. Aliquam eget laoreet metus. Quisque auctor dolor fermentum nisi imperdiet vel placerat purus convallis.

0 komentar

Leave a Reply