RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
Sekolah : SD N III Selorajo
Tema : Permainan
Kelas/Semester : III/1
Tahun
Pelajaran : 2010/2011
Alokasi
Waktu : 5 x 35 Menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
1. Memahami
penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan ( B.Ind
)
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/saran ( B. Ind )
3. Memahami
teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng ( B. Ind )
1. Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjadsama di sekitar ru,ah dan sekolah ( IPS )
1. Memahami
cirri-ciri dan kebutuhan Makhluk Hidup serta hal-hal yang mempengaruuhi
perubahan pada Makhluk Hidup ( IPA )
II.
KOMPETENSI
DASAR
1. B.
Indonesia
1.1.
Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan
1.2.
Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
2. IPS
1.3.
Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
3. IPA
1.2.
Menggolongkan Makhluk Hidup secara sederhana
III.
INDIKATOR
1. B.
Indonesia
· Mendengarkan
petunjuk melakukan permainan
· Mencatat
petunjuk tentang permainan
· Melakukan
permainan berdasarkan petunjuk yang di dengar
2. IPS
· Membuat
arah mata angin
· Membuat
denah sekolah
3. IPA
· Menyebutkan
bagian-bagian tumbuhan
· Menggolongkan
tumbuhan berdasarkan warna bunganya
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui Tanya jawab, demonstrasi, bermain peran,
penjelasan guru, setelah pembelajaran selesai peserta didik dapat :
1. B.
Indonesia
·
Mendengarkan petunjuk melakukan
permainan
·
Mencatat petunjuk tentang permainan
·
Melakukan permainan berdasrkan petunjuk
yang didengar
2. IPS
·
Membuat arah mata angin
·
Membuat denah sekolah
3. IPA
·
Menyebutkan bagian – bagian tumbuhan
·
Menggolongkan tumbuhan berdasrkan warna
bunganya
V.
MATERI
PEMBELAJARAN
1. B.
Indonesia
·
Menceritakn petunjuk cara bermain petak
umpet
2. IPS
·
Menerangkan arah mata angin
3. IPA
·
Menerangkan bagian-bagian tumbuhan
·
Menerangkan penggolongan tumbuhuan
berdasarkan warna bunganya
VI.
METODE
DAN PEMBELAJARAN
1. Metode : Tanya jawab, Inquiri, Tugas, Demonstrasi,
Ceramah
2. Model
Pembelajaran : CTL ( Contektual Teaching and Learning )
VII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Jenis / Macam
Kegiatan
|
Media / Sumber
|
Metode
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
Mengkondisikan kelas
Menyanyikan lagu (Lihat Kebunku)
Apersepsi : Menyampaikan tujuuan pembelajaran
|
Buku Absensi
Papan Tulis
|
Ceramah,
Tanya Jawab,
tugas
|
10”
|
2.
|
Kegiatan Inti
a)
Exsplorasi
Peserta didik menjawab pertanyaan guru
tentang cara bermain petak umpet (B.Ind)
Peserta didik menjawab pertanyaan guru
tentang arah mata angin (IPS)
Peserta didik menjawab pertanyaan
tentang bagian-bagian tumbuhan (IPA)
b)
Elaborasi
B. Indonesia
Peserta didik di fasilitasi guru dalam
mendengarkan petunjuk melakukan permainan dengan teks cara bermain petak
umpet.
Guru memilih tiga peserta didik ke
depan kelas mempraktekkan bermain petak umpet, peserta didik yang lain
mengamati sambil membuat catatan tentang cara bermain petak umpet.
IPS
Guru mengajak peserta didik
menyanyikan lagu “ arah mata angin “ dan mempraktekkan gerakannya
IPA
Guru mengajak peserta didik ke kebun
sekolah mengamati berbagai tumbuhan dengan mengamati bagian-bagian tumbuhan.
Peserta didik difasilitasi guru dalam
menggolongkan tumbuhan berdasarkan warna bunganya dengan mengamati beberapa
tumbuhan di kebun sekolah dan berbagai gambar bunga yang disediakan oleh
guru.
c)
Konfirmasi
Guru memberi sanjungan/penghargaan
kepada peserta didik yang berhasil baik, dan memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang berhasil dalam mengerjakan tugas guru
|
Teks bacaan cara bermain petak umpet,
Kaleng, kerikil
Gambar arah mata angin
Tumbuhan berbunga
Gambar-gambar bunga
Buku Bina Bhs.Ind, Erlangga hal : 70
Buku IPS (BSE) hal : 24
Buku IPA (BSE) hal : 20
|
Tanya jawab
Pemberian tugas
Inquiri
Demonstrasi
|
135”
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Ø
Guru beserta peserta didik membuat kesimpulan
Ø
Penilaian
Ø
Refleksi : Tanya jawab materi yang telah dibeikan
Ø
Guru mengadakan pengayaan dan remedial
|
Lembar Soal
|
Penugasan
Tanya jawab
|
30”
|
VIII.
MEDIA
DAN SUMBER BELAJAR
a.
Media
· Teks
bermain petak umpet
· Kaleng
· Kerikil
· Gambar
arah mata angin
· Tumbuhan
berbunga
· Gambar
tumbuhan berbunga
· Gambar-gambar
bunga
b.
Sumber Belajar
· Buku
Tematik Erlangga kelas 3
· Buku
Bina Bahasa Indonesia, Erlangga hal. 70
· Buku
IPS (BSE) hal. 24
· Buku
IPA (BSE) hal. 20
· Kebun
sekolah
IX.
PENILAIAN
a. Prosedur
: tes awal, proses, tes akhir
b. Jenis
tes : tertulis, lesan, perbuatan
c. Bentuk
tes : Obyektif, Subyektif
d. Alat
tes :
Soal :
Untuk soal no.1 sampai dengan no.4.
Bacalah teks petunjuk bermain petak
umpet berikut !
Cara bermain :
1. Jumlah
pemain petak umpet 3 orang saja. Akan tetapi, semakin banyak pemain maka
semakin ramai.
2. Alat
yang digunakan adalah kaleng dan kerikil.
3. Arena
barmain berupa lingkaran.
4. Setelah
hom pi pa dan suten, pemain yang kalah harus jaga.
5. Isi
kaleng ditumpahkan oleh salah satu pemain yang akan bersembunyi.
6. Setelah
selesai memasukkan kerikil ke dalam kaleng, pemain lari bersembunyi.
7. Jika
penjaga melihat salah seorang pemain maka akan menyebutkan nama tersebut.
8. Selanjutnya,
mereka berdua akan berlomba lari untuk mengguncangkan kaleng.
9. Jika
penjaga kalah cepat maka ia akan jaga lagi. Sebaliknya, jika pemain kalah
cepat, ia akan mendapat giliran untuk jaga.
(Kesenian Jakarta Jilid 1,
Erlangga)
Kerjakan
pertanyaan dibawah dengan tepat !
1. Jumlah
pemain petak umpet ada…orang.
2. Arena
bermain petak umpet berupa….
3. Alat
yang digunakan dalam permaianan petak umpet adalah….
4. Jika
penjaga melihat salah seorang pemain maka….
5. Dalam
mata angina arah Utara selalu berada diposisi….
6. Antara
arah Barat dan Selatan adalah arah….
7. Matahari
terbenam disebelah….
8. Tumbuhan
digolongkan berdasarkan bentuk daun, bentuk batang, dan…
9. Bunga
Matahari berwarna….
10. Bunga
Melati berwarna….
Kunci
Jawaban
1. 3
2. Lingkaran
3. Kaleng
dan Kerikil
4. Menyebut
nama pemain
5. Atas
6. Barat
Daya
7. Barat
8. Warna
bunga
9. Kuning
10. Putih
Kriteria
Penilaian : Jawaban benar x 10 = 10 x 10 = 100
Selorejo, 20 November 2010
Mengetahui
Kepala SD N III Selorejo Guru Kelas III
SURATNO,S.Pd G I T O
NIP.19640224 198806 1 001 NIP.19791008
200701 1 006
LEMBAR
PENGAMATAN
Tema : Permaianan
0 komentar